Modul Kelas III. Keadaan Cuaca. Pembelajaran 1-3


 A. Bahasa Indonesia


Televisi menayngkan acara prakiraan cuaca hari ini. Ada wilayah yang cerah, ada wilayah tang berawan, ada pula wilayah yang hujan.
Indonesia memiliki empat jenis cuaca taitu cuaca berawan, mendung, hujan dan cerah.
Cuaca yang berbeda dapat membuat kegiatan manusia berubah.
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tempat. Oleh sebab itu, sering terjadi pada suatu tempat memiliki udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang. Cuaca dapat diperkirakan dari hasil pengamatan cuaca yang dilakukan secara terus menerus oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berpusat di Jakarta.
Badan Meteorologi dan Geofisika bertigas menyelidiki dan mencatat keadaan udara seperti suhu udara, temperature udara, tekanan udara, keadaan awan, dan curah hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memiliki stasiun-stasiun pengamatan cuaca yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Ilmu yang mempelajari cuaca dinamakan Meteorologi.

Dibawah ini adalah simbol –simbol cuaca:

 

 


 

 

1.  Cerah : Cuaca cerah merupakan salah satu cuaca yang paling sering kita alami. Cuaca cerah ini di tandai dengan matahari yang bersinar cerah, langit terang, awan yang ada di langit jumlahnya sangat sedikit, serta udara terasa hangat. Kondisi cuaca cerh ini biasanya ada di tengah musim kemarau di mana tidak banyak uap air yang terbentuk menjadi awan karena jauh dari musim hujan. 


2.    Berawan: Cuaca berawan merupakan keadaan di mana cuaca ketika sinar matahari sering tertutup oleh awan yang ada di langit. Awan juga terlihat menebal dan menyebabkan langit menjadi agak gelap. Awan tersebut terbentuk  karena banyaknya uap air yang bergerak ke atas langit. Cuaca berawan ini biasanya menandakan bahwa hujan akan turun di hari tersebut.


3.    Hujan: Cuaca hujan terjadi di saat butiran air yang tersimpan di awan jatuh ke bumi. Pada waktu cuaca hujan terjadi, langit biasanya berubah menjadi gelap dan matahari tertutup oleh awan mendung sehingga suhu udara menjadi dingin. Hujan terjadi karena uap air yang sangat banyak di awan sudah tak sanggup lagi tertampung hingga akhirnya jatuhlah butiran air ke atas bumi. Hujan ringan atau lebat biasanya dipengaruhi oleh kecepatan angin.

B.    Matematika
Mengenal Pecahan Sederhana


 

 

 

 

Contoh lainya:
Satu pisang dibagi dua bagian sama besar dinyatakan dalam lambang pecahan 1/2. Satu pisang di potong menjaadi tiga bagian sama besar dinyatakan dalam lambang bilangan pecahan biasa 1/3. Satu pisang di potong menjadi empat bagian sama besar dinyatakan dalam  lambang bilangan pecahan biasa 1/4. Satu pisang dinyatakan dalam lambang pecahan biasa 1/1. 


1 disebut pembilang dan 2, 3, atau 4 disebut penyebut.




Tidak ada komentar: