MODUL KELAS 5 TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR


A. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  

  1. Suhu adalah ukuran panas atau dinginnya suatu benda. Setiap benda atau ruangan dapat diukur suhunya menggunakan termometer. Ada banyak satuan ukuran untuk mengukur suhu, yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.
  2.  Suhu tubuh normal manusia adalah 37 derajat celccius.
  3.  kalor merupakan salah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah.  Perpindahan kalor dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu dalam benda. kalor dapat menaikkan atau menurunkan suhu.  Semakin besar kenaikan suhu,  maka kalor yang diterima oleh benda semakin besar.  Sebaliknya, jika semakin kecil kenaikan suhu,  maka kalor yang di terima akan semakin sedikit.
  4. Sumber energi panas tebesar di bumi yaitu Matahari
  5. Panas dapat mempengaruhi perubahan suhu benda. Jika kalor diberikan pada benda, maka suhu benda tersebut akan naik. Jika kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akan turun. Kalor juga mempengaruhi wujud benda.
  6. Benda memiliki tiga wujud yaitu padat cair dan gas
  7. Pemuaian adalah perubahan benda oleh kalor yang mengakibatkan pertambahan ukuran dan volume benda titik umumnya benda akan memuai ketika dipanaskan dan menyusut kembali ketika didinginkan sebaliknya ada benda yang menyusut jika didinginkan dengan suhu tertentu.
  8. Penyusutan adalah perubahan benda oleh menurunnya suhu yang mengakibatkan pengurangan ukuran dan volume benda.


 B.    Seni Budaya dan Prakarya  

  1. Tangga nada adalah nada-nada yang disusun secara cara berurutan dari nada paling rendah hingga nada paling tinggi. nada-nada tersebut ditulis dengan simbol. simbol inilah yang dinamakan dengan notasi (not).
  2.   Notasi adalah Sistem penulisan nada yang dapat berupa angka, huruf, atau lambang not balok yang menunjukkan urutan nada. 
  3.   Dalam tangga nada dengan notasi angka 2 dalam nada kunci C di tandai dengan notasi huruf D karena C= Do karena urutannya adalah : C, D, E, F, GA, B, C.
  4.  Ada tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada pokok (penta artinya lima; tone artinya nada).
  5.  Tangga nada pentatonis biasanya digunakan pada musik daerah yang menggunakan alat musik tradisional, seperti kelompok alat musik karawitan jawa dan Sunda.
  6.  Tangga nada pentatonis terbagi menjadi dua yaitu pelog dan slendro. Masing-masing jenis tangga nada pentatonis ini mempunyai susunan jarak nada yang berbeda.
  7.  Tangga Nada slendro adalah tangga nada yang memiliki karakteristik gagah, berani, lincah, dan gembira. Slendro merupakan sistem urutan nada, Terdiri dari 5 nada dalam satu gembyang dengan pola jarak yang hampir sama.
  8.  Tangga nada pelog merupakan urutan nada yang terdiri dari 5 atau 7 nada ada dengan menggunakan 1 pola dengan jarak nada. Tangga nada pelog biasanya ditulis dalam 5 nada.
  9.  Tangga nada pelog merupakan urutan nada yang terdiri dari 5 atau 7 nada ada dengan menggunakan 1 pola dengan jarak nada. 
  10.   Contoh lagu dengan tangga nada slendro yaitu  Lir Ilir dari Jawa Tengah, Cing Cangkeling dari Jawa Barat, dan Cening Putri Ayu dari Bali.
  11.   Contoh lagu  dengan tangga nada pelog yaitu Gambang Suling dari Jawa Tengah, Tari Bali dari Bali, dan Jamuran dari Jawa Tengah dan Timur.

 

C.    Bahasa Indonesia
1.    Konsep teks eksplanasi dapat dijelaskan menggunakan peta pikiran titik peta pikiran merupakan suatu cara mencatat yang kreatif dan efektif dan secara harfiah dapat memetakan  pikiran kita titik untuk menguraikan konsep menggunakan peta pikiran, hal yang perlu dilakukan antara lain:
1)    Tentukan ide pokok dari teks yang disajikan
2)    Catatlah kalimat penjelas dari ide pokok tersebut dalam bentuk poin poin
3)    Setelah itu barulah kamu dapat menuliskan ide pokok dan kalimat penjelas tersebut ke dalam suatu bagan peta pikiran.


D.    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.    Hak adalah sesuatu yang harus kita terima. Setiap orang memiliki hak sesuai dengan peranan yang dimilikinya di sekolah kita berperan sebagai siswa, kita pun berhak memperoleh hak. Hak sebagai warga negara adalah hak yang didapatkan sebagai salah satu warga negara kesatuan Republik Indonesia . Oleh karena itu, hak warga negara dilindungi oleh pemerintah.



Contoh Hak Siswa :
1)    Mendapatkan perhatian dari guru, seperti diberi kesempatan oleh guru saat mengangkat tangan ketika bertanya.
2)    Mengikuti pelajaran dan mendapatkan pengajaran
3)    Mengikuti pemilihan atau di pilih menjadi ketua kelas.


 

Contoh hak yang dimiliki oleh warga negara :
1)    Hak untuk berpendapat di depan orang banyak
2)    Hak untuk menggunakan fasilitas umum
3)    Hak untuk menganut agama  dan melaksanakan ibadah
4)    Hak untuk memperoleh pendidikan




2.    Kewajiban adalah hal-hal yang harus dilakukan. Jika tidak melaksanakan kewajiban, kita akan mendapatkan peringatan dan sanksi.
Contoh kewajiban siswa :
1)    Membersihkan kelas dan ruangan
2)    Belajar dengan tekun
3)    Mengikuti peraturan sekolah



Contoh kewajiban warga negara
1)    Menaati peraturan lalu lintas
2)    Menjaga kebersihan fasilitas umum
3)    Mendengar pendapat orang lain saat musyawarah
4)    Membayar pajak dengan tepat wajtu
5)    Menghormati pemeluk agama lain
    yang sedang beribadah

3.    Tanggung jawab merupakan sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas. Tanggung jawab merupakan bagian dari kewajiban tanggung jawab dilaksanakan tanpa adanya perintah atau paksaan dari orang lain.


E.    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 

  1. Interaksi adalah suatu kegiatan yang terjadi antara dua objek dan saling memengaruhi satu sama lain
  2.  Contoh interaksi manusia dengan alam di lingkungan pedesaan yaitu, manusia menyesuaikan waktu tanam padi dengan musim penghujanan, manusia memakan nasi yang ditanam oleh petani, manusia menghindari tinggal didaerah rawan bencana alam, dan manusia membutuhkan air.
  3.  Contoh lingkungan alam memengaruhi aktivitas manusia adalah lingkungan yang subur dan curah hujan yang tinggi memengaruhi aktivitas masyarakat manusia untuk bercocok tanam.
  4.    Contoh aktivitas manusia yang memengaruhi lingkungan alam adalah mengalihfungsikan lahan pertanian menjadi daerah permukiman
  5.  Misalnya aktivitas manusia sebagai petani, peternak, penambang, atau nelayan.
  6.  Contoh interaksi manusia dengan alam disekitar aliran sungai adalah memancing ikan di sungai.




Tidak ada komentar: