Modul Tematik Kelas III. Subtema 3 : Perubahan Wujud Benda


 Rangkuman: Pembelajaran 5-6
1.    Bahasa Indonesia
Menyusun Informasi Penting dari Teks tentang Perubahan Wujud Benda
    Informasi Dapat kita temukan dalam sebuah teks, Sebuah teks terdiri dari beberapa paragraph Setiap Paragraf terdiri atas kalimat-kalimat yang efektif. Kalimat efektif merupakan kalimat yang tersusun secara sistematis. Untuk menemukan informasi penting dari teks, kita harus membaca teks dengan seksama. Selain itu, kita dapat menuliskan informasi penting dari teks tersebut.
Langkah-Langkah Menyusun Pendapat dan teks tentang Perubahan wujud benda.
Informasi tentang Perubahan Wujud benda dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, salah satunya didalam teks. Informasi yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat. Kita dapat menanggapi sebuah teks dengan menuliskan pendapat kita mengenai teks tersebut. Untuk menanggapi teks kita butuh membaca dan menyimak. 


2.    PKN
Peran Dalam Kelompok

Peranmu sebagai siswa disekolahadalah belajara dan melaksanakan tugas yang diberikan guru atau kepala sekolah. Melaksanakan tugas dapat dilakukan dengan cara kelompok setiap anggota kelompok memiliki peran, pembagian peran akan menentukan tugas masing-masing.
Pembagian peran harus dilakukan secara adil.
Tugas kelompok akan berjalan lancer jika semua 



peran melaksanakan tugas dengan baik.

    
Menceritakan pengalaman menjalankan peran dalam kelompok
Menceritakan pengalaman saat menjalankan peran dalam kegiatan kelompok ! kamu dapat bercerita bagaimana peran dan tugasmu pada kegiatan tersebut. Serta peran anggota kelompoknya. Kamu juga dapat menceritakan tentang perasaanmu saat melaksanakan peran tersebut.  


3. Matematika
   Menyelesaikan Masalah Kesetaraan Satuan Berat

    Saat Menyelesaikan soal kesetaraan satuan berat, kita perlu memperhatikan satuan berat yang terdapat pada soal. Jika satuan berat yang digunakan belum sama, maka kita perlu menyamakannya terlebih dahulu. Untuk mengubah satuan berat kilogram ke gram kita perlu mengalikan bilangannya dengan 1.000. sebaliknya, untuk mengubah satuan berat gram ke kilogram, kita perlu membagi bilangannya dengan 1.000.
Contohnya : Ibu memiliki persediaan 2 kg mentega. Setelah digunakan untuk membuat kue, mentega ibu tersisa 500 g. Berapakah berat mentega yang digunakan ibu untuk membuat kue ? Tuliskan dalam satuan kg dan g!
Mentega yang digunakan = 2 kg – 500 g
                 = 2.000 g – 500 g
                 = 1.500 g
                 = 1 kg 500 g
Jadi, Berat mentega yang digunakan untuk membuat kue adalah 1 kg 500 g.