Modul Tematik Kelas III. Subtema 3 : Perubahan Wujud Benda


 Rangkuman: Pembelajaran 3-4
A.    Bahasa Indonesia

Menemukan Informasi tentang perubahan wujud benda
    Informasi Dapat kita temukan dalam sebuah teks, informasi tersebut dapat digali dengan mengajukan pertanyaan. Kita dapat membuat kalimat Tanya denmgan kata Tanya yang sesuai dengan kebutuhan. Jawaban pertanyaan-pertanyaan ditulis dengan susunan kalimat yang benar. Contohnya :

 


 

 

 

Menemukan kata-kata baku dari teks tentang perubahan wujud benda

Teks tentang perubahan wujud benda tersusun atas kalimat-kalimat yang benar. Kalimat tersebut tersusun atas kata-kata baku, kata-kata baku merupakan kata-kata yang ejaannya benar. Untuk mengetahui arti kata-kata baku dapat menggunakan  kamus besar Bahasa Indonesia. 


B.    PKn
Tugas Warga Sekolah
Sebagai siswa tugasmu adalah belajar dengan baik dan menaat semua peraturan sekolah. Tugas seorang guru adalah mengajar dan mendidik siswa. Tugas kepala sekolah adalah memimpin dan mengawasi semua kegiatan sekolah. Berikut contoh kegiatan yang dilakukan disekolah . 

 


 

 

 

 

 

C.    Matematika
     Kesetaraan Satuan Berat
Disekitar kita banyak kita temui jenis makanan yang dibuat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Contohnya ikan asin, kerupuk, dan manisan buah. Proses pengeringan membuat berat makanan berkurang. Satuan berat yaitu kilogram (kg) dan gram (g). 1 kg =1.000 g
Contoh Hubungan antarsatuan berat :

D. Sbdp
Karya Seni Dekoratif

    Seni Rupa memiliki jenis yang beragam. Salah satu jenisnya, yaitu gambar dekoratif. Gambar Dekoratif adalah sebuah hiasan yang digambar pada kertas gambar atau pada benda tertentu. Alat yang digunakan untuk menggambar dekoratif, antar lain : Pensil, Kertas Gambar dan alat pewarna ( Pensil warna, cat air atau Krayon ).
Contoh Karya Seni Dekoratif : 

 




 

 

 Karya Seni Dekoratif Memiliki Unsur Garis dan Warna.