Modul Tematik Kelas III. Benda di Sekitarku. Subtema 2 : Wujud Benda


 Rangkuman: Pembelajaran 5-6
1.    Bahasa Indonesia
Menceritakan kembali Informasi dari teks tentang wujud benda
    Informasi Dapat kita temukan dalam sebuah teks, baik berupa wacana atau gambar. Bisa juga mendapatkan informasi dengan cara membaca atau menyimak sebuah teks yang disajikan. Kita dapat mencatat informasi penting dari sebuah teks. Dengan menggunakan kosa kata baku dan susunan kalimat yang benar dalam menyajikan informasi.


Menuliskan laporan hasil pengamatan Wujud Benda dalam bentuk bagan.

 Sebuah laporan bisa disajikan dan bentuk gambar atau pun dalam bentuk bagan. Bagan merupakan penyajian informasi berbentuk kerangka. Susunan kalimat didalam bagan harus benar. Kata-kata yang dipilih harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
Contoh Bagan Dalam Laporan :



2.    PKN

Arti Penting Gotong Royong
Dengan bergotong royong pekerjaan membersihkan lingkungan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Dengan bergotong royong, warga memiliki tanggung jawab bersama. Kebersamaan dan keakraban antarwarga akan terwujud.
Arti Penting Hidup Sederhana
        Sikap hidup sederhana merupakan pilihan gaya hidup yang baik. Hidup Sederhana artinya hidup sesuai kebutuhan dan tidak berlebih-lebihan. Gaya hidup sederhana adalah cerminan dari sikap rendah hati, Tidak sombong, dan hidup peduli terhadap sesama. 


3. Matematika
Mengukur Berat Benda dengan Satuan Baku
Alat untuk mengukur berat adalah timbangan dan satuan yang digunakan adalah kilogram (kg) atau gram (g). ada timbangan duduk yang biasanya digunakan untuk menimbang tepung, telur, atau gula.
Perhatikan contoh Berikut menimbang dengan menggunakan timbangan duduk.
       

Hasil pengukurannya dapat dilihat dari angka yang ditujukkan oleh jarum timbangan. Jadi berat Telur tersebut adalah 3 kg.                           


    Menentukan satuan berat yang sesuai
Satuan berat yang biasa kita gunakan yaitu kilogram (kg), hectogram (hg), gram (g), kuintal dan ton. Perhatikan hubungan satuan berat berikut.