Modul Kelas III. Subtema 3 : Perubahan Wujud Benda


Rangkuman: Pembelajaran 1-2
1.  Bahasa Indonesia
Menemukan Informasi tentang perubahan wujud benda
    Informasi Dapat kita temukan dalam sebuah teks, baik berupa wacana atau gambar. Bisa juga mendapatkan informasi dengan cara membaca atau menyimak sebuah teks yang disajikan. Selain itu, kita dapat mengajukan pertanyaan dengan diawali kata Tanya apa,di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Contohnnya Seperti :


Menuliskan informasi tentang perubahan wujud benda dari teks yang didengar
Sebuah teks mengandung informasi. Sebuah informasi didapatkan dengan membaca teks dengan seksama. Selain itu dengan membaca, kita dapat menyimak pembacaan oleh orang lain. Gunakan kosa kata baku dan susunan kalimat yang benar dalam menuliskan kembali informasi yang didengar.

2.    PKN
Peran di Sekolah
    Ada berbagai peran yang dapat kita temui disekolah. Selain peran sebagai siswa dan guru. Ada juga peran sebagai kepala sekolah. Ada juga peran sebagai petugas perpustakaan. Penjaga sekolah, petugas kebersihan, dan sebagainya.
    Setiap peran memiliki tugas dan kewajiban masing-masing. Semua peran tersebut sebaliknya dijalankan dengan baik dan bersungguh-sungguh.
Contohnya :
 


3. SBDP
    Seni Rupa

Pernahkah kamu melihat lukisan ? lukisan merupakan salah satu contoh seni rupa. Seni rupa adalah hasil ekspresi manusia yang nyata dan digunakan sebagai sarana komunikasi perasaan antar manusia. Seni rupa Mempunyai dua unsur penting, yaitu garis dan warna. Garis merupakan unsur dasar yang menimbulkan suatu kesan simbolis terhadap orang yang melihatnya.
Contoh penggabungan garis yang menjadi bidang datar, yaitu segitiga, persegi, lingkaran, belah ketupat, dan persegi panjang.  


4. MATEMATIKA
    Menyelesaikan Permasalahan sehari-hari tentang berat benda.

Alat ukur berat yang digunakan sehari-hari adalah timbangan. Hasil penimbangan berat benda biasanya dinyatakan dalam satuan kilogram (kg),gram (g), kuintal, atau ton.
Berikut hubungan antarsatuan berat tersebut.