Modul Tematik Kelas III. MENYANYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN


 


 Sub tema 4 : Menyanyangi Hewan
Rangkuman : Pembelajaran  1- 3


A.    Bahasa Indonesia
Menyusun  Daftar Pertanyaan Wawancara
Sebelum melakukan wawancara, kita sebaiknya mempersiapkan daftar pertanyaan terlebih dahulu. Daftar pertanyaan dapat disusun menggunakan kata tanya apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dana bagaimana.
    Berikut Fungsi setiap kata tanya tersebut :

Kata Tanya

Fungsi

Apa

Menyanyakan sesuatu atau peristiwa

Siapa

Menanyakan orang

Dimana

Menanyakan tempat

Kapan

Menanyakan waktu

Mengapa

Menanyakan sebab

Bagaimana

Menanyakan cara atau keadaan

B.  PPKN
Manfaat  Berbagai  Peran  saat  Melakukan  Kegiatan  di  Rumah
Banyak manfaat yang kita peroleh dengan bekerja sama dan membagi peran dalam suatu kegiatan. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut :

  1.  Pekerjaan lebih cepat selesai
  2.  Pekerjaan akan terasa lebih ringan
  3. Memupuk rasa kebersamaan
  4. Mempererat hubungan baik antaranggota keluarga. 

C.  Matematika
Pecahan Sederhana (  1/(2 ), 1/3, 1/4  )
           Pecahan merupakan bagian dari kesatuan dan kesulurahan. Bilangan pecahan dapat digunakan untuk menyatakan suatu bagian dari benda utuh. . Pecahan juga dapat digunakan untuk menyatakan suatu bagian dari sekelompok benda.
            Pecahan dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan  a dan b bilangan cacah serta b tidak sama dengan nol. Pada pecahan a/b,  dengan a disebut pembilang dan b disebut penyebut. 


1/4  dapat dinyatakan dalam bentuk gambar. Pecahan tersebut menyatakan besar bagian yang diarsir dari gambar utuh.


  1.   Satu biskuit dinyatakan dalam lambang pecahan biasa 1/1 dibaca satu persatu
  2. Pecahan 1/2, 1/3 dan  Satu biskuit dipotong menjadi dua bagian sama besar, dinyatakan dalam lambang pecahan biasa 1/2, dibaca satu per dua.
  3.  Satu biskuit dipotong menjadi tiga bagian sama besar dinyatakan dalam lambang pecahan biasa 1/3, dibaca satu per tiga
  4.  Satu biskuit dipotong menjadi empat bagian sama besar dinyatakan dalam lambang pecahan biasa  1/4, dibaca satu per empat

D. SBdP
Alat Mewarnai dan Teknik Pewarnaan
        Setelah membentuk objek, langkah selanjutnya adalah mewarnai objek. Alat untuk mewarnai antara lain pensil warna, crayon, cat air, dan cat minyak. Ada beberapa teknik pewarnaan yaitu teknik basah dan teknik kering.
       Teknik Basah adalah mewarnai dengan menggunakan air atau minyak sebagai pencampur untuk pewarna. Pewarna yang digunakan dalah teknik basah antara lain cat air dan cat minyak. Alat bantu digunakan yaitu kuas dan palet.
       Tenik Kering adalah mewarnai dengan langsung menggoreskan pewarna. Pewarna yang digunakan contohnya pensil warna dan crayon.