Modul Kelas III. Benda di Sekitarku Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku


 Rangkuman: Pembelajaran 4-6
1.    Bahasa Indonesia
Bahan untuk membuat  benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan  plastik. Selain itu juga benda juga terbuat dari kaca, logam, dan karet.




a.    Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

b.    Benda dari Logam
Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.
Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.


c.    Benda dari Karet

Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.
Contoh:  



2.    Matematika
Satuan Panjang Baku
Hasil pengukuran panjang tersebut dapat dinyatakan dengan satuan baku meter(m) dan sentimeter (cm). Selain satuan m dan cm, masih ada beberapa satuan baku lainnya. seperti millimeter (mm). Satuan baku dapat dinyatakan dalah satuan baku lainnya. Perhatikan antarsatuan panjang berikut!