Modul Tematik Kelas V. CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH


 A.    BAHASA INDONESIA 

  1. Kalimat Tanya: Kalimat yang berisi pertanyaan untuk mendapat jawaban dari orang lain atau diri sendiri.
  2. Kata tanya: Kata yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dan disertakan di dalam kalimat tanya. Contoh: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
  3.  Cara membuat mind mapping dengan kata tanya:
  • Siapkan kertas kosong, pensil, dan pensil warna/spidol dan sebagainya.
  •  Tulis judul atau ide dasar di bagian tengah.
  • Kembangkan ide dasar dengan menambahkan ide-ide pendukung pada cabang dan ranting (kelompokkan ide-ide yang sesuai)
  • Gunakan satu kata/frasa
  • Tambahkan ilustrasi dan warna untuk memancing lebih banyak ide.

      4.  Contoh: dalam paragraph “Dayu dan Ikan Hias”
“Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali. Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?”

 

  • Apa nama jenis ikan hias yang dipelihara? Ikan hias dari jenis ikan mas koki.
  • Di mana ikan hias itu dipelihara? Ikan hias dipelihara di akuarium.
  • Kapan akuarium dibersihkan? Akuarium dibersihkan seminggu sekali.
  • Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ikah hiasnya? Dayu memperhatikan ikan-ikan hiasnya saat mereka membuka dan menutup mulut.
  • Kapan ikan hias itu diberi makan? Ikan hias diberi makan setiap hari.
  • Siapa yang memilihara ikan hias? Dayu yang memilihara ikan hias

B.    ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) 

  1. Kegiatan Ekonomi: Kegiatan yang dilakukan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.
  2. Jenis-jenis Usaha Perekonomian di Indonesia:
  • Bidang Agraris: Pemanfaatan tanaman dari bibit hingga siap panen. Seperti pertanian (padi, sayuran, palawija) dan Perkebunan (hortikultura, teh, kelapa sawit, kopi, coklat).
  • Bidang Industri: Menghasilkan barang baru atau mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Contoh: kerajinan rotan dan daun pandan, pengolahan kulit sapi dan kambing, pembuatan sepatu, tas, jaket, dan ikat pinggang.
  • Bidang Perdagangan (Niaga): Kegiatan jual beli barang untuk mendapatkan keuntungan. Alur kegiatan: 
  • Bidang Jasa: Kegiatan untuk melayani pihak lain berdasarkan keterampilan yang dimiliki. Contoh: guru, dokter, perawat, tukang cukur, montir 
C.  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) 
  1. Hak: Sesuatu yang diperoleh setelah melaksanakan kewajiban. Kita harus menghargai kewajiban orang lain sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kewajiban: Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
  3. Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melakukan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan bangsa dan bernegara serta pada Tuhan. Dan berikut ini beberapa jenis tanggung jawab setiap individu, antara lain:
  • Tanggung Jawab Terhadap diri sendiri: menjaga kebersihan diri, menjaga kesehatan diri, menjauhkan diri dari pengaruh rokok, minuman keras dan narkoba, belajar dengan rajin dan sungguh sungguh.
  • Tanggung Jawab Terhadap Keluarga: menghormati kedua orang tua, patuh terhadap nasihat orang tua, menyayangi saudara kita, baik adik maupun kakak, menjaga nama baik keluarga, menjaga kebersihan lingkungan rumah, membantu orang tua mengerjakan pekerjan rumah sesuai dengan kemampuan.
  • Tanggung Jawab siswa terhadap Sekolah: mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah, menjaga ketertiban di sekolah, menjaga kebersihan sekolah, menghormati guru, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. menjaga kerukunan dengan teman di sekolah.
  • Tanggung Jawab terhadap masyarakat: Aktif mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat, seperti kerjabakti, ronda malam, dan kegiatan lainnya., menjaga nama baik desa/masyarakat, menjaga kerukunan antar sesama di lingkungan masyarakat, menghormati sesama di lingkungan masyarakat.
  • Tanggung Jawab terhadap bangsa dan negara: memahami dan mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari hari, menjaga nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dengan menghindari sikap diskriminasi antar sesame, membina solidaritas sosial sebagai warga negara, membayar pajak tepat waktu, menanati hukum dan peraturan yang berlaku.
  • Tanggung Jawab terhadap Tuhan: menjalankan perintah dan menjauhi semua laranganNya, menjalankan ibadah dengan tepat waktu dan khusuk, menyayangi sesama dilandasi dengan iman pada Tuhan


D.     SENI BUDAYA dan PRAKARYA (SBdP)
 

  1. Tangga nada merupakan urutan nada yang disusun secra berjenjang yang memiliki 7 nada dalam satu oktaf
  2. Tangga nada diatonic terbagi menjadi 2, yaitu:
  •  tangga nada diatonis mayor
  • tangga nada diatonis minor

     3.  Perbedaan tangga nada mayor dan minor:

No

Perbedaan

Tangga nada diatonis…

Mayor

Minor

1

Pola Inteval

1, 1, ½, 1, 1, 1, ½

1, ½, 1, 1, ½, 1/ 1

2

Sifat

Gembira/ riang

Sedih

3

Jarak tert

Besar (2)

Kecil (1 ½)

4

Nada dasar

C = do

A = la

5

Nada terakhir

do

la

6

Contoh lagu

Indonesia Raya, Hari Merdeka, Garuda Pancasila, Maju Tak gentar

Mengheningkan Cipta, Gugur Bunga, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

E. ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) 

  1.  Bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dan uap air melalui alat pernapasan.
  2. System pernafasan manusia:
 

     3.  System pernafasan pada hewan:

a.      Sistem Pernapasan Pada Ikan

Ikan membuka mulutnya untuk mengambil air - air kemudian mengalir masuk ke rongga mulut menuju lembaran insang - air keluar melewati tutup insang - ketika air melewati lembaran insang, oksigen diikat oleh Hb (hemoglobin) darah. Pada saat yang sama, Hb juga melepaskan karbon dioksida ke air.

 

Ikan memiliki alat pernapasan berupa insang. Insang terletak di sebelah kanan dan kiri kepala. Insang ini berjumlah empat pasang. Bagian-bagian insang berbentuk lembaran yang disebut lembaran insang. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara. Ikan juga mempunyai gelembung renang untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak. Ikan memperoleh oksigen dari dalam air. Mekanisme pernapasan ikan melalui beberapa tahap.

b.   Sistem Pernapasan Pada Aves (Burung)

Burung: ketika kantong-kantong Udara masuk melalui hidung - tenggorokan -pundi – pundi udara - paru – paru.

Yang biasa kita lihat burung merupakan jenis hewan yang memiliki kemapuan dapat terbang. Pada saat terbang, otot-otot dada menggerakan sayap, sehingga pengambilan napas oleh paru-paru. Oleh sebab itu, burung juga memiliki alat bantu pernapasan berupa kantong udara ( sakus pneumatikus ).
Fungsi kantung udara pada burung yaitu: membantu pernapasan ketika terbang, menyimpan cadangan oksigen, memperbesar atau memperkecil berat jenis pada saat berenag, mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu banyak.

c. Sistem Pernapasan Pada Amfibi
Katak: masuknya udara bebas melalui celah hidung ( koane ) menuju rongga mulut kemudian ke paru-paru. 

Termasuk hewan amfibi ialah katak. Katak pada saat masih menjadi larva, untuk bernapas dengan menggunakan insang luar dan pada saat menjadi berudu berbentuk insang dalam yang digunakan sebagai alat pernapasan. Namun ketika katak tumbuh menjadi katak dewasa katak bernapas dengan menggunakan paru-paru dan kulit.

d.   Sistem Pernapasan Pada Reptil

Reptil bernapas dengan paru-paru. Udara masuk melalui hidung => batang tenggorokan => paru-paru.

 

Dalam paru-paru, oksigen diserap, sedangkan karbon dioksida dikeluarkan. Contoh reptile adalah ular, kadal, buaya, cicak, dan biawak. Paru-paru reptilia berada dalam rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru reptilia lebih sederhana, hanya dengan beberapa lipatan dinding yang berfungsi memperbesar permukaan pertukaran gas.  

e.    Sistem Pernapasan Pada Mamalia

Mamalia yang hidup di darat mempunyai alat pernafasan mirip dengan manusia, yaitu hidung - pangkal tenggorok - batang tenggorok - paru-paru.

Contoh mamalia yang hidup di darat yaitu: kabing, sapi dll

Mamalia yang hidup di laut mempunyai alat pernafasan mirip dengan manusia, yaitu hidung/ katup - pangkal tenggorok - batang tenggorok - paru-paru. 

 

Katup itu akan menutup pada saat menyelam dan akan terbuka pada saat muncul dipermukaan air. Pada saat muncul di permukaan, air mamalia yang hidup di air mengambil oksigen serta  mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Contoh mamalia yang hidup di air adalah paus, lumba-lumba dan duyung.

f.     Sistem Pernapasan Pada Cacing Tanah


Cacing tanah bernapas melalui permukaan tubuhnya. Cacing tanah memiliki kulit yang tipis. Pada permukaan kulit cacing tanah terdapat banyak pembuluh darah. Kulit cacing tanah juga menghasilkan lendir. Oleh karena itu, kulit terlihat basah dan lembap. Kondisi ini menyebabkan cacing dapat menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida secara langsung melalui permukaan kulit. Itulah sebabnya cacing membutuhkan tempat lembap atau basah. Tempat lembap membantu proses pernapasan agar dapat berlangsung dengan baik.

g.    Sistem Pernapasan Pada Serangga 

Serangga memiliki alat pernapasan berupa trakea. Hewan yang termasuk jenis serangga. Contoh serangga adalah nyamuk, belalang, lalat, rayap, dan kupu-kupu. Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang dan memenuhi seluruh bagian tubuh serangga kemudian bermuara pada stigma.

Stigma ialah lubang (corong) yang terletak di sisi tubuh bagian kanan kiri. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara. Oksigen tidak diedarkan melalui darah tetapi diedarkan melalui sistem trakea. Keluar masuknya udara disebabkan gerakan otot tubuh secara teratur.