Modul Pembelajaran Tematik Kelas III. Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia


 Rangkuman : Pembelajaran  4 -6


A.  Bahasa Indonesia
Menemukan Pesan dari Fabel
Cerita tentang hewan dikenal sebagai Fabel. Cerita Fabel biasanya mengandung pesan – pesan tentang kebaikan. Fabel juga memiliki latar dan alur seperti dongeng yang lain.

Menyampaikan Pesan dari Fabel dengan Bermain Peran
Dongeng memiliki pesan untuk para pembacanya. Kita dapat memahami isi dongeng  jika membaca dongeng dengan cermat.
    Berikut hal – hal yang harus dilakukan ketika akan meperagakan fabel :
    a.    Catatlah unsur – unsur yang ada.
    b.    Pahamilah tema, alur dan penokohannya.
    c.    Berlatihlah dengan baik sehingga mempermudah penonton memahami  pesan yang ingin disampaikan.


Menyampaikan  Pesan dari Dongeng Bergambar
Dalam dongeng  biasanya  disertai gambar – gambar. Gambar tersebut diberikan agar pembaca  lebih memahami  isi dongeng.  Pembaca  pun akan lebih mudah menemukan pesan dari dongeng. 


B.    PPKN
Keberagaman Sifat Teman-Teman di Sekolah
              Keberagaman  sifat dari teman-temanmu disekolah ada teman yang sifatnya  sama dan ada yang juga berbeda. Kita sebaiknya menerapkan sikap toleransi terhadap setiap perbedaan tersebut.  Toleransi merupakan sikap menghargai  setiap perbedaan yang ada. Dengan Toleransi, suasana belajar di kelas akan menjadi  nyaman dan menyenangkan.  Kita sebaiknya tetap berteman baik dengan semua teman dikelas tanpa membeda-bedakan sifat.
Pengalaman Berbuat Baik Kepada Orang Lain
                 Banyak nilai – nilai unsur dalam sila kedua Pancasila yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Salah satunya adalah dengan berbuat  dan bersikap baik kepada oranglain. Kehidupan akan terasa damai dan menyenangkan jika kita bersikap baik kepada sesama. Perbuatan baik yang kita lakukan akan membuat oranglain merasa dihormati  dan dihargai.
Keberagaman Sifat Tetangga di Lingkungan Sekitar
                 Setiap orang memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Sebagai anggota masyarakat yang baik, kita sebaiknya memiliki rasa toleransi dan menghormati setiap perbedaan yang ada. Dengan keberagaman, kita  belajar untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan sifat yang dimiliki satu sama lain. 


C.    Matematika

Sifat  Pertukaran  (Komutatif)  pada  Perkalian
           Sifat pertukaran pada perkalian dapat dituliskan sebagai berikut :
            
            Sifat tersebut menyatakan bahwa hasil perkalian dua bilangan akan sama walaupun  posisi kedua bilangan tersebut ditukar.
contoh :