Modul Kelas III. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP


                                                        Rangkuman : Pembelajaran  3 - 4
 

A.    Bahasa Indonesia
Ciri – Ciri Tumbuhan Khas Indonesia
Amati gambar dibawah ini!
 

Beberapa negara memiliki bunga nasional. Bunga nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Misalnya bunga tulip dikenal sebagai bunga negara Belanda Mawar lebih dikenal sebagai bunga negara Inggris.
Indonesia memiliki tiga bunga nasional.Sebutan lain untuk bunga di Indonesia adalah puspa. Bunga melati putih disebut dengan puspa bangsa. Bunga anggrek bulan disebut dengan puspa pesona. Bunga raflesia arnoldi disebut dengan puspa langka.


Amatilah gambar bunga yang diatas, berikut adalah ciri – ciri bunga khas indonesi :

  1. Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Mahkota bunga berwarna putih dengan jumlah lima buah. Bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.
  2.  Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan tumbuhan parasit yang tumbuh pada batang liana. Bentuk yang terlihat dari bunga Raflesia ini hanya bunganya saja. Bunga Raflesia adalah identitas provinsi Bengkulu dan sebagai salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia. Rafflesia arnoldii yang memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Satu bunga terdiri dari lima kelopak kasar yang berwarna orange dan berbintik-bintik dengan krim berwarna putih.
  3.  Anggrek bulan merupakan jenis anggrek yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang memiliki corak dan warna beragam jenis. Anggrek bulan menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk bulat memanjang dan terasa berdaging. Bunga anggrek bulan memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.


Perkembangan  Tumbuhan dengan Umbi

 

Umbi adalah salah satu bagian tumbuhan yang mengalami perubahan dari organ lain pada tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat penyimpan zat tertentu (pada umumnya karbohidrat).

 

Perkembangbiakan tumbuhan juga dapat dilakukan dengan umbi. Ada umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar. Kentang dan ubi jalar adalah contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang.

Amatilah umbi dari tanaman-tanaman tersebut!

No.

Persamaan

Perbedaan

Umbi Batang

Umbi Akar

Umbi Lapis

1.

Terdapat di dalam tanah

Terbentuk dari batang yang mengembang

Terbentuk dari akar yang mengembang

Terbentuk dari lapisan daun yang tersusun bertumpuk

2.

Tempat menyimpan cadangan makanan

Tumbuh tunas pada bagian umbi batang

Tumbuh tunas pada bagian umbi akar

Tumbuh tunas pada bagian pangkal daun

3.

Dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan

Memiliki akar tunggang

Memiliki akar serabut

Memiliki akan serabut


B.    PPKN
Manfaat   Kerja   Sama
Kerja sama merupakan slah satu wujud sikap bersatu dalam keberagaman. Dengan bekerja sama , kita dapat mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat.
         Contoh manfaat kerja sama :

  •  Pekerjaan menjadi lebih ringan
  • Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai
  • Terjalin persahabatan dan persaudaraan
  • Terjadi komunikasi yang baik dengan orang lain.


C.    Matematika

Soal  Cerita Tentang  Pembagian  Bilangan
Contoh : 


1. Siti memiliki 484 tangkai bunga anggrek. Siti ingin menyimpan dalam 4 buah vas bunga dengan banyak tangkai bunya yang sama pada masing-masing vas. Berapa banyak tangkai bunga anggrek pada setiap vas bunga?
Jawab : 484 : 4 = ….

 

2.  Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masing-masing memuat tangkai bunga sama banyak.
jawab :
141 : 3 = ...


 


D.    SBdP

Karya Seni Mozaik

    Mozaik adalah teknik pembuatan karya seni rupa dimensi dengan cara menempelkan bahan yang berukuran kecil dengan perekat sehingga membentuk sebuah gambar.
    Dua jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni, yaitu bahan alam dan bahan buatan.
Contoh bahan alam :

  1. Biji-bijian.
  2. Kulit buah.
  3. Bunga.
  4. Batang.
  5. Dan daun dll

         Contoh  Bahan buatan :

  1. kertas
  2. kaca
  3. keramik
  4. marmer
  5. dan kain perca.